SEMAKIN BANYAK MEMBACA SEMAKIN BANYAK YANG KITA TIDAK KETAHUI

Sumber dari segala ilmu

Wahyu pertama yang di terima nabi Muhammad SAW berbunyi “Iqra” yang artinya adalah bacalah, dalam sejarah Nabi Muhammad kita dengar perintah bacalah di ucapkan jibril sebanyak 3 kali baru kemudian dilanjutkan dengan kalimat yang merupakan lanjutan surat Al-Alaq. Satu kata “Iqra”  yang artinya “bacalah” memiliki makna yang sangat dalam, sangat luas,  pernah kah kita bertanya kenapa perintah Allah yang pertama adalah “bacalah” apakah Allah hanya memerintahkan kita membaca kitab Suci Alquran saja? mungkin saya tidak memiliki kemampuan yang lebih untuk mengkaji hal ini, hanya saja saya pernah mendengar bahwasanya makna dari kata bacalah di sini adalah bacalah oleh mu semua ciptaan Allah, Alam semesta, bumi dan isinya merupakan media yang harus kita baca begitu banyak rahasia tersimpan di dalamnya.

Alam ada media baca bagi umat manusia
Baca juga tulisan Mildani: Cemilan untuk Teman membaca

Sewaktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar  (SD), mungkin berbeda dengan suasana anak SD sekarang saya masih ingat guru selalu ber pesan “membaca adalah jendela ilmu” dengan banyak membaca maka kita akan banyak mendapatkan Ilmu pengetahuan, dengan membaca kita akan banyak memperoleh informasi dengan membaca akan menambah wawasan kita bahkan melalui beberapa penelitian ilmiah dapat kita bacah di berbagai artikel diantaranya manfaat membacah, mampu mencerdaskan otak, dapat memperbaiki mental, mencegah penyakit pikun, dapat mengurangi stress, dapat menambah memori dan segudang mafaat lainnya dari membaca.

Buku adalah gudang Ilmu
Baca juga tulisan julia: Tips membaca buku yang nyaman

Lalu apakah kamu suka membaca? Kapan terakhir kamu membaca buku, novel, artikel atau sejenisnya, atau jangan-jangan sekarang hari-hari kamu di sibukkan dengan segudang aktifitas media social online membaca pesan singkat, whatsapp, face book, twiter atau aktifitas  pasif lain menonton TV, menonton Youtub sehingga kamu tidak punya waktu untuk membaca, sepertinya bukan hanya kamu saya juga seperti itu, saat ini minat baca di masyarakat kita sangat kurang bukan hanya generasi muda akan tetapi hampir semua lapisan masyarakat, dan tentunya yang juga sangat miris bagi kita muslim masih sangat banyak kita yang malas membaca kitab suci Al-Quran kita padahal di jelaskan beberapa hadis Sebaik baiknya buku adalah Alquran yang didalamnya sarat dengan ilmu pengetahuan termasuk moral, berprilaku baik, kejujuran, kebaikan dan lain lain. Membaca Alquran dapat mempengaruhi jiwa dan pikiran agar selalu menjadi tenang. Dan yang paling penting sebenarnya saudaraku “semakin kita banyak membaca maka kita akan semakin menyadari betapa banyak yang tidak kita ketahui”.

Melalui tulisan ini saya ingin mengingatkan kita semua mari kita mulai gerakkan gemar membaca, lakukan apa yang bisa kita lakukan, semoga bermanfaat.

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan nulis serempak dari #BlogerBengkulu https://www.bloggerbengkulu.com

Posting Komentar

5 Komentar

  1. tips yang menarik dan bisa dicobain deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksh mbak milda... jangn bosan yach membimbing bunda

      Hapus
  2. terima kasih bunda info yang bermanfaat ..

    BalasHapus
  3. Keren ni tulisannya sepertinya kita memang masih harus banyak belajar

    BalasHapus
  4. Betul, Bun. Semakin sering baca malah rasanya ilmu kita blom ada apa-apanya. Harus tetap mencari ilmu baru dan semakin rendah hati :)

    BalasHapus