Minggu, 06 Januari 2019

DURIAN DAN CARA MENIKMATINYA


Durian siapa yang tidak kenal dengan jenis buah yang satu ini, dari namanya buahnya berduri di bagian luar akan tetapi menympan kelezatan yang luar biasa pada bagian daging buahnya, apa iya?... tentunya iya bagi yang menyukai, tapi bagi yang kurang suka lain lagi pendapatnya akan tetapi rata-rata orang menyukai buah durian.
Buah Durian sangat banyak di temukan di Indonesia terutama di pulau Sumatra tempat bunda tinggal yaitu provinsi Bengkulu , buah durian sangat terkenal di Bengkulu, berbagai olahan jenis makanan yang terbuat dari durian ada di Bengkulu, setiap wisatawan lokal ataupun tamu dari luar Bengkulu pastila akan berburu kuliner yang berbau durian, buah durian sebenarnya tidak hanya terdapat di Bengkulu atau di wilayah Sumatra lainnya akan tetapi terdapat di hampir semua wilayah Indonesia karena bisa di budidaya, akan tetapi komentar para penikmat durian katanya durian Sumatra khususnya durian dari Bengkulu sangat berbeda, lebih manis, tinggi kadar gas dan alkoholnya dan komentar-kimentar lainya, jadi tidak heran jika wisatawan memiliki keinginan yang tinggi untuk menyicipi rasa khas durian Bengkulu.
Dulu  zaman bunda kecil musim buah itu biasanya satu atau dua kali dalam setahun biasanya di bulan juni-agustus itu musim durian,  akan tetapi akhir-akhir ini karena perubahan iklim yang tidak menentu maka musim buahpun menjadi tidak teratur dan yang lebih asyiknya musim buah menjadi sepanjang tahun atau selalu ada, begitu juga dengan musim durian saat ini buah durian selalu bisa kita dapatkan kapan saja tidak tergantung pada musim nya tentunya kita wajib bersyukur ini merupakan salah satu nikmat Allah yang tidak dapat kita pungkiri.

Buah durian selain disantap langsung daging buahnya juga bisa di buat berbagai olahan jenis makanan yang tentunya sangat mengugah selera bagi siapa yang melihat, dan akan membuat ketagihan bagi yang sudah mencicipinya, diantara cara menikmati durian antara lain:

Buah durian segar  dengan daging buah berwarna kuning

Buah durian segar
Buah durian segar tentunya adalah pilihan menyantap yang paling nikmat, rasa buah yang manis, daging buah yang tebal siapapun yang pernah menyantapnya akan merasa ketagihan, akan tetapi tidak semua orang bisa menyantap buah durian segar akibat beberapa hal misalnya karena mengidap penyakit tertentu seperti darah tinggi, kolesterol dan lain sebagainya karena memang daging buah durian selain mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi juga mengandung alkohol. Sehabis makan buah durian terkadang terasa panas di bagian perut dan uap yang keluar dari mulut. Ada mitos orang-orng tua kita dahulu agar tidak menyebabkan penyakit maka sehabis makan durian sebaiknya minum air putih di anjurkan minum dengan wadah kulit durian (sekali lagi mitos tapi boleh di coba) buah durian segar biasa di makan dengan ketan santan dan juga bisa di masukkan kedalam kopi hitam akan menjadi teman sarapan yang luar biasa. Selain itu buah durian segar juga bisa di jadikan teman makan nasi dengan campuran cabe giling mentah di jamin maknyus. dan tidak di anjurkan sehabis makan durian minum jenis minuman yang bersoda seperti coca kola, Fanta dan sejenisnya karena sangat berbahaya.

Aneka cemilan rasa duren, dodol, wajik 

Aneka olahan kue Durian
Selain di makan segar buah durian biasanya di jadikan olehan berbagai cemilan, mulai dari lepuk durian (dodol durian semacam dodol dengan bahan baku hanya durian tanpa campuran apapun), campuran wajik, kue cucur. Gelamai, cup cake, es krim dan lain sebagainya. Memang durian memberikan rasa dan aroma yang khas pada makanan dan memberikan cita rasa tersendiri sehingga tidak jarang cemilan rasa durian menjadi pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

tempoyak sambal pete ala bunda Kartini

Tempoyak
Nah yang satu ini Bengkulu banget karena setau saya memang hanya orang Bengkulu yang membuat olahan durian seperti ini kalaupun ada di daerah lain maka asal muasalnya dari Bengkulu, tempoyak merupakan olahan durian yang di permentasi selam 1 atau dua hari sehingga menimbulkan rasa asam, tempoyak biasanya merupakan salah satu bahan masakan untuk pengganti lauk makan nasi, tempoyak bisa dimasak menjadi berbagai jenis masakan, bisa sambal tempoyak, gulai tempoyak, pepes tempoyak dan lain sebagainya.


Serawo Duren ala bunda Kkartini

Serawo Durian
Salah satu jenis olahan durian adalah dengan di masak menjadi kolak durian atau dalam bahasa Bengkulu di sebut serawo duren, makanan ini biasanya di jadikan teman ngopi di pagi dan sore hari, sangat di sukai orang-orang Bengkulu terutama orang-orang tua, serawo duren ini sudah di temukan di banyak daerah dengan berbagai nama dan jenis penyajian, ada yang di jadikan es agar tersa segar ada juga dengan sajian kolak seperti di Bengkulu, di Sumatra barat di jadikan ikon makanan tersendiri juga sayangnya di Bengkulu sendiri makanan ini belum menjadi ikon jajanan oleh para pengusaha kuliner di Bengkulu.


Sayur lodeh Durian mengkal/muda
Olahan yang satu ini jarang di ketahui oleh khalayak umum, adalah sayur lodeh buah durian, buah durian yang muda atau sering di sebut lundang sangat enak di buat sayur lodeh, bisa di buat dengan di tambahkan ikan teri, bisa menjadi menu pilihan di musim durian di jamin pasti suka, nanti akan bunda coba share resepnya yach.

Nah ini referensi yang bunda punya masih banyak lagi cara menyantap duren yang asyik dan berbagai jenis olahan buah durian, silakan kalau ada masukan di share di sini

#updatebloggerbengkulu

6 Comments

8 Januari 2019 08.24 Delete comments

wah membuat ngiler ulasannya tentang durian, apalagi tempoyaknya tuh ... nggak kuat nahan nafsu untk makan. bagi yang suka makan durian itu pertanda masih sehat, belum kena darah tinggi, asam urat dan penyakit lainnya hi hi, bersyukur masih bisa menikmati.

Reply
avatar
9 Januari 2019 05.41 Delete comments

nina suka banget makan durian bunda.. diolah jadi apapun tetap suka.. tapi paling suka nya makan yang segar..lezat..

Reply
avatar
9 Januari 2019 18.17 Delete comments

Julia belum pernah nyoba sayur lodeh durian mengkal atau muda. Gimana ya rasanya?hm. jadi pengen nyobain masakannya bunda hehehe..

Reply
avatar
10 Januari 2019 17.58 Delete comments

Aaaa . Aku suka banget durian dan berbagai olahanya. .Yummy..

Reply
avatar
10 Januari 2019 18.00 Delete comments

Sayur lodeh?? Baru tau aku mbak. Dan jdi pensaran gmana olahanya. Hmm .

Reply
avatar
10 Januari 2019 19.07 Delete comments

julia sama putih buku di coba aja masaknya sama seperti sayur lodeh yang lain, pakai durian yang mentah kalo sdh mengkal dan manis sayurnya juga rada2 manis kalo bunda suka yang mentah, sory yach karena gak bisa bls comennya kepaksa comen disini sepertinya tmplatenya mash butuh perbaikan

Reply
avatar