MANFAAT BROKOLI UNTUK KESEHATAN


Assalammualikum,….
Sahabat Bunda semua, ceritanya akhir-akhir ini di rumah bunda sangat suka sayur brokoli, jadi setiap minggu belanja sayuran tidak pernah ketinggalan bunda beli brokoli sebagai salah satu bahan menu bunda sehari-hari, bunda jadi penasaran sebenarnya apa saja manfaat brokoli ini untuk kesehatan, ternyata luar biasa sahabat bunda, dari hasil pencarian bunda tentang manfaat brokoli baik di media social maupun buku-buku kesehatan ada beberapa yang bunda jadikan catattan apa saja itu? Tapi sebelumnya kita kenali terlebih dahulu apa itu broccoli.

Brokoli sebenarnya sayuran yang masuk keluarga Kubis merupakan sayuran hijau yang dapat dimakan yang mengandung banyak nutrisi
Brokoli sangat baik untuk pencernaan kita, sayuran ini merupakan sayuran tampa lemak yang rendah sodium, mengandung vitamin C, Potasium, B6 dan vitamin A.
Disisi lain brokoli juga di kemas oleh fitokimi dan anti oksidan. Semacam bahan kimia dalam tanaman yang bertanggung jawab akan rasa, warna dan bau. Sedangkan anti oksidan yaitu bahan kimia yang di produksi oleh tubuh atau di temukan pada buah-buahan, sayuran dan biji-bijian yang membantu tubuh dalam menemukan dan menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.



Luar biasa bukan ternyata brokoli memang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita diantar manfaat brokoli untuk kesehatan antara lain

Pencegah Kanker
Brokoli mengandung senyawa sulforaphane semacam senyawa yang dpat membakar lemak dalam tubuh dan juga penvegah kangker selain itu brokoli mengandung khasian membersihkan estrogen didalam tubuh semacam hormone menyebab kangker, jadi sangat jelas manfaat brokoli dapat mencegah pertumbuhan kangker di dalam tubuh terutama kangker payudara dan kangker Rahim.

Mengurangi kolesterol
Brokoli mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu mengeluarjkan kolesterol dalam tubuh dengan cara mengikat asam empedu di saluran penvernaan. Serat yang larut dalam brokoli ini mampu mengikat mengikat kolesterol dalam darah sehingga kolesterol bias diekresikan dari dalam tubuh dengan mudah.


Baik untuk kesehatan tulang
Brokoli banyak mengandung vitamin K yang tinggi juga mengandung kalsium kedua zat tersebut sangat baik untuk pertumbuhan tulang baik pada anak-anak maupun orang dewasa.


Kesehatan Mata
Seperti di jelaskan di atas brokoli juga banyak mengandung vitamin A, maka brokoli sangat baik untuk kesehatan mata, selain mengandung vitamin A brokoli juga mengandung lutein seperti yang dikandung wortel dimana lutein ini sangat baik untuk merawat kesehatan mata.

Merawat Kesehatan Kulit
Kadar vitamin C yang tinggi, mineral, vitamin K dan asam amino dan polat menjadikan brokoli juga sangat baik untuk kesehatan kulit, nah bagi remaja putri yang selalu ingin tampil cantik tentunya mengkonsumsi brokoli sangatlah baik

Antioksidan
Sebagai mana di jelaskan bahwa brokoli sangat baik untuk mencegah kangker, maka sesungguhnya didalam brokoli sangat banyak mengandung anti oksidan, vitamin C dapat mempertahankan sistim kekebalan tubuh, lutein, beta carotin semuanya merupakan zat-zat antioksidant yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

Nah masih banyak lagi manfaat brokoli buat kesehatan, sahabat bunda semua mari kita budayakan mengkonsumsi makanan sehat, alami dan segar terutama hasil produksi masyarakat kita sendiri. Ok semangat hidup sehat

Posting Komentar

1 Komentar

  1. eh, kebetulan baru sudah makan nasi pake sayur brokoli ini

    BalasHapus