Minggu, 17 Maret 2019

KOPI GADING CEMPAKA PILIHAN BARU PRODUK KOPI BENGKULU


Assalammualaikum,… sahabat bunda semua,
Bengkulu merupakan salah satu penghasil kopi di Indonesia bukanlah sesuatu hal yang baru, sudah sejak lama kita ketahui bahwasanya Bengkulu merupakan  salah satu penghasil kopi terbesar di Sumatera (setelah Lampung dan Sumatra Selatan), Bengkulu ikut berperan menyumbang sekitar 70% ekspor kopi  di Indonesia. Sebagai penghasil kopi kualitas ekspor, tentu saja kualitas kopi Bengkulu telah teruji.
Akan tetapi selama ini Bengkulu terkenal dengan pengekspor kopi Robusta yang sangat di gemari oleh masyarakat dunia, jarang sekali kita mendengar bahwasanya kopi Arabika juga di produksi di Bengkulu.


Beberapa waktu yang lalu bunda berkunjung ke daerah Kepahyang tepatnya di daerah desa Kandang, berbincang dengan para petani kopi, maklum bunda gini-gini juga anak petani kopi, singkat cerita bunda ngobrol tentang peluang dan nasib petani kopi disana, dari cerita dan obrolan tersebut mereka bercerita bahwasanya mereka sedang merehab tanaman kopi dengan cara “Stek” yang berdasarkan hasil survey beberapa kerabat mereka telah melakukan hal itu dan hasil panen kopi mereka meningkat hingga dua kali lipat biasanya, tanaman kopi hasil stek ini menurut mereka memiliki batang yang rendah dengan dahan kopi yang panjang dan akan penuh buah jika musm tiba dan dengan kualitas buah yang besar dan bernas.

Nah jenis kopi yang baru mereka tanam ini lah menurut paman bunda adalah jenis kopi Arabika, kopi arabika memang memiliki banyak kelebihan selain dahan buah yang lebih panjang juga daging buah lebih besar dari buah sehingga secara otomatis akan meningkatkan jumla panen Kopi, sesuatu yang selama ini kurang di pahami oleh petani kopi kita,  petani kopi biasanya menanam kopi hanya secara turun temurun dan jarang melakukan kajian-kajian terkait kecocokan iklim dan lahan tanam dengan jenis kopi yang mereka budidayakan.

Di masa sekarang perubahan iklim yang cukup signifikan di beberapa daerah membuat kopi robusta yang telah mereka tanam sejak dari nenek moyang mengalami penurunan produktifitas, kehadiran kopi arabika menjanjikan hal baru bagi beberapa petani kopi kita yang sudah mulai putus asa dalam usahanya, akan tetapi di beberapa tempat kopi robusta tetap di pertahankan karena kopi robusta lebih mudah dalam hal pemeliharaan.
dan penyebaran jenis kopi ini hampir menyeluruh di kalangan petani kopi Bengkulu, baik petani kopi di kabupaten Rejang Lebong, Kepahyang maupun Bengkulu utara.



Munculnya produksi dari budidaya kopi arabika ini tentunya akan berdampak pada produksi bubuk kopi, selama ini kita sudah sangat banyak mengenal jenis produk kopi Bengkulu yang sudah sangat terkenal, seperti kopi 1001, kopi Hinen, dan berbagai jenis bubuk kopi andalan Bengkulu yang di kenal oleh dunia luar, nah beberapa waktu lalu bunda mencicipi kopi baru yaitu Kopi GADING CEMPAKA yang ternyata  tidak hanya menyediakan produk ki bubuk dari jenis Robusta akan tetapi tersedia juga jenis produk kopi bubuk Arabika, tentunya semakin memanjakan para penikmat kopi di Bengkulu maupun di Indonesia pada umumnya,

Kopi Gading Cempaka Premium
Merupakan salah satu produk kopi dari Bengkulu yang ternyata juga sudah sejak lama di produksi, hanya saja selama ini kopi ini di pasarkan melalui media online, tentunya sebelum itu kopi ini juga sudah menjadi produk andalan di kalangan masyarakat, saat pertama nyeruput kopi ini bunda ingat kopi buatan Mak rasanya sangat mirip, dulu sekali saat masih kecil kami memproduksi sendiri kopi yang di konsumsi di rumah dan rasa kopi buatan Mak bunda sangat mirip dengan rasa kopi Gading Cempaka ini


Kenapa kopi Gading cempaka ini di katagorykan kopi premium Bengkulu tentunya ada alasannya kan? karena ternyata memang proses pembuatan bubuk kopi ini lumayan panjang sehingga menghasilkan kopi dengan kualitas lebih baik mau tau ni seperti apa proses pembuatan kopi Gading seperti ini ni:

1. Jenis buah yang dipakai untuk produksi kopi Gading Cempaka adalah daging buah yang betul-betul telah masak di batang, tidak diperkenankan buah dengan daging buah yang masih hijau karena akan sangat berpengaruh terhadap cita rasa kopi.

2. Buah yang telah dipilih kemudian di jemur hingga kering, [roses penjemuran juga tidak boleh terhalang agar hasil penjemuran maksimal (tidak hitam)

3, Setelah kopi benar-benar kering lalu di lakukan penggilingan untuk proses pengelupasan kulit, pasca proses ini kembali dilakukas pemilahan daging buah jika masih di temukan daging buah yang rusah (hitam) segera di pisahkan, akan tetapi biasanya jika proses pengeringan sempurana hasilnya tidak akan ada daging buah yang hitam.

4.  daging buah yang telah di pilih siap untuk di roasting (di masak) proses ini juga tentunya dilakukan dengan seksama suhu yang di gunakan harus stabil agar kopi tidak hangus

5.  Kopi yang telah matang merata setelah di biarkan beberapa saat tunggu hingga dingin siap untuk di haluskan,

6. Setelah di giling kopi siap di kemas

Setiap tahapan tentunya di lakukan dengan hieginis, terhindar dari kotoran dan zat-zat yang tidak menguntungkan.
Seperti bunda katakan di atas saat pertama meminum kopi gading ini sensasi yang bunda rasakan adalah kembali ke masa lalu dan menurut bunda itu sangat nikmat, bunda bukan penikmat kopi teman bunda yang penikmat kopi pernah bilang mau tau kopi bagus maka nikmatila kopi hitam tanpa gula baru tau kopi itu bagus apa tidak, dan menikmati kopi gading tanpa gula memang cukup enak.

Spesipikasi kopi Gading Cempaka yang bunda rasakan ;
- Merupakan kopi hitam
-  Tekstur sedikit kasar sehingga saat di minum terasa ampas dan ini bunda suka
-  Rasa pahit sedap kopi
-  Tersa nyaman dan nikmat saat di minum.

Kalau sudah minum kopi gading cempaka maka itulah sensasi minum kopi Bengkulu, yang tentunya beda dengan kopi di daerah lain.
Ternyata memang kopi Gading Cempaka itu Khas dan beda
Kalian yang belum mencoba sekali coba pasti ketagihan satu lagi andalan Kopi Bengkulu


Produk Kopi Gading Cempaka
Robusta Premium
Isi 200 Gram

Arabika Premiun
Isis 100 Gram
Untuk harga Reseller Hubungi Kontak di bawah ini
On Line:
WA 08117321511/081995850700
Twiter : KopiGadingID
Fanpage Kopi Gading Cempaka
IG@Kopigadingcempaka

COD
langsungStudio Radio B-One FM kota Bengkulu Jl. S.Parman No. 117 Padang Jati Ratu samban Kota Bengkulu
WA 08117321511/081995850700

Tulisan ini dalam rangka menjawab tantangan menulis serempak #bloggerbengkulu
#kopiBengkulu

0 Comments