CARA MEMBUAT LEMA (PERMENTASI REBUNG)

Assalammualaikum sahabat bunda …
Lama juga bunda tidak menulis,  bunda akhir-akhir ini jarang menulis karena kesibukan yang entah gak jelas gitu deh kwkwkw….

Masih ingat bunda pernah berbagi resep masakan khas Rejang yaitu sambal LEMA, dimana makanan ini hanya ada pada suku rejang di Provinsi Bengkulu (setau bunda lo), nah kali ini bunda mau berbagi dengan kalian semua bagaimana sebenarnya membuat LEMA itu sendiri yg gurih dan enak ok..
Lemah sebenarnya salah satu jenis hasil permentasi rebung selain rebung asam, keunikannnya lema di buat dengan di campur dengan ikan (protein)  dan nasi (karbihidrat) sementara jika rebung asam hanya rebung saja yg di permentasi.

Sebagian orang yang baru mengenal LEMA awalnya tidak suka dengan baunya yang menyengat dimana bau asam dan sedikit bau yang kurang sedap, akan tetapi jika sudah mencicipi sambal LEMA yang di makan dengan nasi panas dan di tambah lalapan maka semua hal tidak suka tadi akan berubah menjadi ketagihan dan ingin makan lagi percaya deh,….
Berikut bunda akan sampaikan bagaimana cara membuat LEMA (proses permentasinya) itu sendiri bukan memasak lema





Bahan-bahan dan alat
Rebung mentah yang masih utuh siapkan saja 2 buah karena kata ibu bunda kalo mengambil rebung jangan 1 minimal 2
Ikan segar lebih kurang 2 ons (bisa ikan air tawar atau ikan laut
2 sendok nasi (sendok nasi bukan sendok makan)
Panci tempat prose permentasi,
Pisau
Telenan/ baskom atau bakul


Cara Membuat
Ambil rebung yang sudah kita cuci bersih lalu di iris halus dan di Rajang atau di cincang, proses ini bisa juga dilakukan langsung mencincang di bakul atau baskom
Lalu kemudian siapkan ikan yang sudah di cuci bersih masukkan kedalam panci dan berikan 2 sendok nasi panas biarkan ikan dan nasi di panci  mengalami sedikit proses pembusukkan akan tetapi pastikan higienis tertutup rapat (biarkan 1 malam)

Baca juga  cara membuat sambal LEMA

Rebung yang sudah di cincang atau di Rajang halus di tambahkan air secukupnya hingga rebungnya terendam, ingat jangan terlalu banyak karena air masuk dalam bagian LEMA dan tidak terbuang saat lemah jadi. Masukkan rebung yang telah di beri air tadi kedalam panci yang telah diisi ikan dan nasi.
Lalu tutup rapat semua biarkan selama 2 malam, pada hari ke tiga campuran di aduk rata, biasanya ikan dan nasi sudah hancur lalu di tutup lagi dan di biarkan selama dua malam kembali


Hari ke empat sudah bisa di buka kembali dan proses permentasi LEMA sudah sempurna ikan dan nasi sudah halus menyatu dengan air dan rebung dan terlihat mengental, lemah siap untuk di masak atau jika ingin di jual siap di pasarkan

Semua proses harus higienis agar terhindar dari bakteri yang tidak diinginkan.
Ok kamu suku rejang yang jauh dari kampong halaman bisa mencoba asal ketemu rebungnya …
Selamat mencoba yach…

Posting Komentar

2 Komentar

  1. wah aku belum pernah coba, pengen minta mama bikinin ah :D

    BalasHapus